temen temen ane gan

Transaksi Murah

bebas

Transaksi Murah

bebas

Rabu, 19 September 2012

Cara Memberi Bingkai Dan Membuat Teks Pada Tanggal Posting Menjadi Rata Tengah

Border Pada Tanggal Posting Rata Tengah

Menanggapi pertanyaan Sobat Blogger yang diajukan dalam artikel dengan judul "Menerapkan Breadcrumb Navigation Pada Judul Artikel” tentang bagaimana cara menjadikan posisi tanggal posting berada di tengah seperti yang tampak pada gambar di atas, maka berikut ini adalah uraian langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mengerjakan hal tersebut. Dimana dalam artikel ini saya akan menguraikan cara yang digunakan untuk membuat teks menjadi rata tengah sekaligus memberi bingkai atau border pada tanggal posting.
Langsung pada pokok pembahasan, apabila Anda ingin menjadikan teks pada tanggal posting serta memberi bingkai untuk bagian tersebut, maka kerjakan langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template>Edit HTML>Lanjutkan>Expand Template Widget’.
Kedua, cari kode ]]></b:skin> dan kemudian sisipkan rangkaian kode CSS berikut ini tepat di atasnya.
.date-header {
  margin-top: 0px;
  margin-bottom: 1px;
  padding: 3px 3px;
  border: 1px solid rgb(51, 153, 187);
  color: #000000;
  text-align: center;
  text-decoration: none;
  -webkit-border-radius: 4px;
  -moz-border-radius: 4px;
  border-radius: 4px;
  background: url("https:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMVQK8PaCHZNX0MqZhzbgQOk1Zwj8Y19F3e8aBgR9L1meOV5CquWwTFk4pxoCrrabyKlfYes9qyy-rJf8FEsYw40oD0omyDeuNLZ30dHTtR9Me6BEtnjeDAED8QZgKlQcvPjcM16VNNLU/s800/AbuAbuCerah.png") repeat-x scroll left bottom rgb(243, 244, 246);
  box-shadow: 1px 1px 6px 1px #3d85c6;
}

.mobile .date-header {
  margin-left: 0px;
  margin-right: 0px;
  margin-top: 0px;
  margin-bottom: 1px;
  padding: 2px 2px;
  border: none;
  text-align: left;
  text-decoration: none;
  background: inherit;
  border-radius: 0px;
  box-shadow: none;
  text-transform: capitalize;
}
Keterangan:
Rangkaian kode yang pertama (.date-header {) digunakan untuk membuat bingkai pada tanggal posting untuk tampilan blog versi web. Sedangkan rangkaian kode yang kedua (.mobile .date-header {) digunakan untuk mengatur tanggal posting pada tampilan blog versi seluler dalam tampilan normal apabila setelan template seluler yang digunakan adalah ‘Tersesuai’.
Anda dapat mengubah URL gambar yang digunakan sebagai background tanggal posting sesuai dengan desain tampilan blog yang Anda kelola, dalam hal ini adalah dengan cara mengganti URL gambar yang terdapat pada kode background:. Atau dapat pula Anda ganti dengan penggunaan warna solid sebagai background, misalnya background: #ffffff; untuk menjadikan warna putih sebagai warna latar.
Ketiga, simpan template.

Namun perlu diingat bahwa setelah Anda menerapkan teknik tersebut, maka bingkai yang dihasilkan untuk beberapa kategori template standar Blogger tidak dapat sejajar dengan bingkai yang digunakan pada area artikel seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Tampilan Bingkai Pada Tanggal Posting
Sehingga agar bingkai yang digunakan pada tanggal posting sejajar dengan bingkai yang digunakan pada area artikel (bidang posting), maka kerjakan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka editor template dengan menggunakan cara yang sama seperti cara yang sebelumnya.
Kedua, cari kode &lt;div class=&quot;date-outer&quot;&gt; dan kemudian cari kode <h2 class='date-header'><span><data:post.dateHeader/></span></h2> yang terletak beberapa baris di bawahnya. Nah, selanjutnya tambahkan style='margin-left: -20px; margin-right: -20px;' pada kode tersebut untuk mengubah margin kiri dan kanan tanggal posting, sehingga kode tersebut menjadi seperti berikut ini.
<h2 class='date-header' style='margin-left: -20px; margin-right: -20px;'><span><data:post.dateHeader/></span></h2>
Keterangan:
Apabila dengan menggunakan margin tersebut bingkai pada tanggal posting belum juga sejajar dengan bingkai pada bidang posting, maka ubah ukuran yang digunakan sehingga akhirnya kedua bingkai menjadi sejajar.
Ketiga, simpan template.

Dengan demikian maka antara bingkai pada tanggal posting dengan bingkai bidang posting akan menjadi sejajar seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Tampilan Border Pada Tanggal Posting

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

0 komentar:

Posting Komentar